Ibadah

Mujahadah dengan Shalat

Mujahadah dengan Shalat

Mujahadah sebagai amal memerangi syahwat diri dan mendisiplinkannya dengan ibadah, cara yang paling utamanya adalah dengan shalat, khususnya shalat malam. Shalat malam disebutkan dalam beberapa ayat bertujuan mendisiplinkan hati untuk menikmati bacaan al-Qur`an sekaligus mengerem syahwat cinta dunia. Perlu usaha luar biasa, tidak cukup biasa-biasa saja, agar tujuan mulia tersebut tercapai.

Shalat malam dikhususkan untuk mendisiplinkan hati menikmati bacaan shalat difirmankan Allah swt dalam al-Qur`an:

إِنَّ نَاشِئَةَ ٱلَّيۡلِ هِيَ أَشَدُّ وَطۡئًا وَأَقۡوَمُ قِيلًا  ٦

Sesungguhnya bangun di waktu malam adalah lebih tepat (untuk khusyu’) dan bacaan di waktu itu lebih berkesan (QS. al-Muzzammil [73] : 6).

Maka dari itu tidak cukup bacaan yang biasa-biasa saja. Perlu ada keinginan dan usaha untuk lebih memanjangkannya. Hal ini penting untuk mengerem syahwat dunia, karena mereka yang tergila-gila dunia tidak akan mungkin mementingkan mujahadah yang satu ini.

وَمِنَ ٱلَّيۡلِ فَٱسۡجُدۡ لَهُۥ وَسَبِّحۡهُ لَيۡلٗا طَوِيلًا  ٢٦ إِنَّ هَٰٓؤُلَآءِ يُحِبُّونَ ٱلۡعَاجِلَةَ وَيَذَرُونَ وَرَآءَهُمۡ يَوۡمٗا ثَقِيلٗا  ٢٧

Dan pada sebagian dari malam, maka sujudlah kepada-Nya dan bertasbihlah kepada-Nya pada bagian yang panjang dimalam hari. Sesungguhnya mereka (orang kafir) menyukai kehidupan dunia dan mereka tidak memperdulikan kesudahan mereka, pada hari yang berat (hari akhirat) (QS. al-Insan [76] : 26-27).

Dalam surat sebelumnya, al-Qiyamah, Allah swt menyandingkan ayat tentang larangan membaca al-Qur`an tergesa-gesa dengan sifat orang-orang yang gila dunia, sebagai isyarat bahwa demikianlah shalatnya orang yang masih gila dunia, ia tidak mementingkan kenikmatan akhirat dengan bacaan al-Qur`annya.

كَلَّا بَلۡ تُحِبُّونَ ٱلۡعَاجِلَةَ  ٢٠ وَتَذَرُونَ ٱلۡأٓخِرَةَ  ٢١

Sekali-kali janganlah demikian (membaca al-Qur`an tergesa-gesa –pen). Sebenarnya kamu (hai manusia) mencintai kehidupan dunia, dan meninggalkan (kehidupan) akhirat (QS. al-Qiyamah [75] : 20-21).

Nabi saw adalah teladan mulia dalam hal ini, sebagaimana diceritakan oleh ‘Aisyah ra:

عَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا أَنَّ نَبِيَّ اللَّهِ ﷺ كَانَ يَقُومُ مِنْ اللَّيْلِ حَتَّى تَتَفَطَّرَ قَدَمَاهُ فَقَالَتْ عَائِشَةُ لِمَ تَصْنَعُ هَذَا يَا رَسُولَ اللَّهِ وَقَدْ غَفَرَ اللَّهُ لَكَ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِكَ وَمَا تَأَخَّرَ قَالَ أَفَلَا أُحِبُّ أَنْ أَكُونَ عَبْدًا شَكُورًا فَلَمَّا كَثُرَ لَحْمُهُ صَلَّى جَالِسًا فَإِذَا أَرَادَ أَنْ يَرْكَعَ قَامَ فَقَرَأَ ثُمَّ رَكَعَ

Dari ‘Aisyah ra, sesungguhnya Nabi saw melaksanakan shalat malam hingga kaki beliau bengkak-bengkak. Aisyah berkata: “Wahai Rasulullah, kenapa Anda melakukan ini padahal Allah telah mengampuni dosa anda yang telah berlalu dan yang akan datang?” Beliau bersabda: “Mengapa aku tidak suka jika menjadi hamba yang bersyukur?” Dan tatkala beliau gemuk, beliau shalat sambil duduk, apabila beliau hendak ruku’ maka beliau berdiri kemudian membaca beberapa ayat lalu ruku (Shahih al-Bukhari kitab tafsir al-Qur`an bab qaulihi ta’ala liyaghfiral-‘Llah laka … no. 4837).

Atau seperti yang diceritakan Hudzaifah dan Ibn Mas’ud ra berikut ini:

عَنْ حُذَيْفَةَ قَالَ صَلَّيْتُ مَعَ النَّبِىِّ ﷺ ذَاتَ لَيْلَةٍ فَافْتَتَحَ الْبَقَرَةَ فَقُلْتُ يَرْكَعُ عِنْدَ الْمِائَةِ. ثُمَّ مَضَى فَقُلْتُ يُصَلِّى بِهَا فِى رَكْعَةٍ فَمَضَى فَقُلْتُ يَرْكَعُ بِهَا. ثُمَّ افْتَتَحَ النِّسَاءَ فَقَرَأَهَا ثُمَّ افْتَتَحَ آلَ عِمْرَانَ فَقَرَأَهَا يَقْرَأُ مُتَرَسِّلاً إِذَا مَرَّ بِآيَةٍ فِيهَا تَسْبِيحٌ سَبَّحَ وَإِذَا مَرَّ بِسُؤَالٍ سَأَلَ وَإِذَا مَرَّ بِتَعَوُّذٍ تَعَوَّذَ ثُمَّ رَكَعَ فَجَعَلَ يَقُولُ سُبْحَانَ رَبِّىَ الْعَظِيمِ. فَكَانَ رُكُوعُهُ نَحْوًا مِنْ قِيَامِهِ ثُمَّ قَالَ سَمِعَ اللهُ لِمَنْ حَمِدَهُ. ثُمَّ قَامَ طَوِيلاً قَرِيبًا مِمَّا رَكَعَ ثُمَّ سَجَدَ فَقَالَ سُبْحَانَ رَبِّىَ الأَعْلَى. فَكَانَ سُجُودُهُ قَرِيبًا مِنْ قِيَامِهِ

Dari Hudzaifah ra, ia berkata: “Aku pernah shalat bersama Nabi saw pada suatu malam. Beliau membaca al-Baqarah. Aku berkata (dalam hati): “Semoga beliau ruku’ pada ayat 100.” Tetapi beliau melanjutkan. Aku berkata lagi: “Semoga beliau shalat dengannya untuk satu raka’at.” Tetapi beliau terus membaca. Aku berkata lagi: “Semoga beliau ruku’.” Tetapi beliau malah melanjutkan ke an-Nisa`, kemudian melanjutkannya lagi ke Ali ‘Imran. Beliau membacanya perlahan. Apabila lewat ayat tasbih, beliau bertasbih dahulu. Apabila lewat ayat permohonan, beliau memohon dahulu. Apabila lewat ayat meminta perlindungan, beliau berdo’a dahulu. Kemudian beliau ruku’ dan membaca: Subhana Rabbiyal-‘Azhim. Ruku’nya tersebut lama seperti berdirinya. Kemudian mengucapkan: Sami’allahu li man hamidah. Kemudian berdiri lama hampir sama dengan ruku’nya. Kemudian sujud dan membaca: Subhana Rabbiyal-A’la. Lama sujudnya kurang lebih sama dengan berdirinya (Shahih Muslim kitab shalatil-musafirin bab istihbab tathwilil-qira`ah fi shalatil-lail no. 1850).

عَنْ عَبْدِ اللَّهِ  قَالَ صَلَّيْتُ مَعَ النَّبِيِّ ﷺ لَيْلَةً فَلَمْ يَزَلْ قَائِمًا حَتَّى هَمَمْتُ بِأَمْرِ سَوْءٍ قُلْنَا وَمَا هَمَمْتَ قَالَ هَمَمْتُ أَنْ أَقْعُدَ وَأَذَرَ النَّبِيَّ

Dari ‘Abdullah (ibn Mas’ud) ra, ia berkata: “Aku pernah shalat bersama Nabi saw pada suatu malam. Beliau terus-terusan berdiri hingga aku berkeinginan jelek.” Kami (tabi’in) bertanya: “Apa yang anda inginkan?” Ia menjawab: “Aku ingin duduk dan meninggalkan Nabi saw.” (Shahih al-Bukhari kitab at-tahajjud bab thulil-qiyam fi shalatil-lail no. 1135).

Imam Muslim dalam kitab Shahihnya menuliskan satu bab khusus tentang “Tartil Bacaan dan Menjauhi Hadz, yakni Berlebihan dalam Mencepatkan Bacaan”. Hadits yang ditulisnya dari shahabat Ibn Mas’ud ra sebagai berikut:

عن أَبي وَائِلٍ: أَنَّ رَجُلاً جَاءَ إِلَى ابْنِ مَسْعُودٍ فَقَالَ إِنِّى قَرَأْتُ الْمُفَصَّلَ اللَّيْلَةَ كُلَّهُ فِى رَكْعَةٍ. فَقَالَ عَبْدُ اللهِ هَذًّا كَهَذِّ الشِّعْرِ فَقَالَ عَبْدُ اللهِ لَقَدْ عَرَفْتُ النَّظَائِرَ الَّتِى كَانَ رَسُولُ اللهِ ﷺ يَقْرُنُ بَيْنَهُنَّ – قَالَ – فَذَكَرَ عِشْرِينَ سُورَةً مِنَ الْمُفَصَّلِ سُورَتَيْنِ سُورَتَيْنِ فِى كُلِّ رَكْعَةٍ.

Dari Abu Wa`il: Ada seorang laki-laki datang kepada Ibn Mas’ud lalu ia berkata: “Sungguh tadi malam aku membaca semua mufashshal (5 juz terakhir) dalam satu raka’at.” ‘Abdullah ibn Mas’ud berkata: “Pasti bacanya cepat seperti membaca sya’ir. Sungguh aku tahu surat-surat sebanding yang Rasulullah saw sandingkan di antara keduanya.” Kata Abu Wa`il: Ibn Mas’ud kemudian menyebutkan 20 surat mufashshal; dua surat, dua surat, di setiap raka’at (Shahih Muslim kitab shalatil-musafirin no. 1950).

لَكِنَّ النَّبِىَّ ﷺ كَانَ يَقْرَأُ النَّظَائِرَ السُّورَتَيْنِ فِى رَكْعَةٍ الرَّحْمَنَ وَالنَّجْمَ فِى رَكْعَةٍ وَاقْتَرَبَتْ وَالْحَاقَّةَ فِى رَكْعَةٍ وَالطُّورَ وَالذَّارِيَاتِ فِى رَكْعَةٍ وَإِذَا وَقَعَتْ وَن فِى رَكْعَةٍ وَسَأَلَ سَائِلٌ وَالنَّازِعَاتِ فِى رَكْعَةٍ وَوَيْلٌ لِلْمُطَفِّفِينَ وَعَبَسَ فِى رَكْعَةٍ وَالْمُدَّثِّرَ وَالْمُزَّمِّلَ فِى رَكْعَةٍ وَهَلْ أَتَى وَلاَ أُقْسِمُ بِيَوْمِ الْقِيَامَةِ فِى رَكْعَةٍ. وَعَمَّ يَتَسَاءَلُونَ وَالْمُرْسَلاَتِ فِى رَكْعَةٍ وَالدُّخَانَ وَإِذَا الشَّمْسُ كُوِّرَتْ فِى رَكْعَةٍ

(‘Abdullah ibn Mas’ud berkata:) “Tetapi Nabi saw membaca surat-surat sebanding; dua surat dalam satu raka’at, yaitu (1) ar-Rahman dan an-Najm; (2) Iqtarabat (al-Qamar) dan al-Haqqah; (3) at-Thur dan adz-Dzariyat; (4) Idza waqa’at (al-Waqi’ah) dan Nun (al-Qalam); (5) Sa`ala sa`ilun (al-Ma’arij) dan an-Nazi’at; (6) Wailul-lil-muthaffifin dan ‘Abasa; (7) al-Muddatstsir dan al-Muzzammil; (8) Hal ata (al-Insan) dan La uqsimu bi yaumil-qiyamah (al-Qiyamah); (9) ‘Amma yatasa`alun (an-Naba`) dan al-Mursalat; (10) ad-Dukhan dan Idzas-syamsu kuwwwirat (at-Takwir). Masing-masingnya dalam satu raka’at.” (Sunan Abi Dawud kitab syahri Ramadlan bab tahzibil-qur`an no. 1398).

Untuk saat ini kemungkinan shalat malam lama sesuai standar Nabi saw masih terlampau jauh untuk diikuti. Tetapi minimalnya ada keinginan untuk mujahadah dengan meningkatkan sedikit-sedikit kualitas dan kuantitas shalat malam sehingga lebih panjang dari biasanya. Atau setidaknya suatu hari nanti bisa mencapai standar minimal bacaan yang Nabi saw ajarkan, yakni 1 shalat malam 1 juz.

اقْرَإِ الْقُرْآنَ فِى شَهْرٍ

“Bacalah al-Qur`an (pada shalat malam) dalam satu bulan.” (Shahih al-Bukhari bab fi kam yaqra` al-Qur`an no. 5054. Sabda Nabi saw ini ditujukan kepada ‘Abdullah ibn ‘Amr yang membaca 30 juz al-Qur`an dalam 1 shalat malam. Nabi saw menyuruhnya untuk menguranginya dengan cukup 1 juz dalam 1 kali shalat malam).

Wal-‘Llahul-Musta’an.