Home > Ibadah > Do’a Sujud Tilawah

Do’a Sujud Tilawah

Do’a Sujud Tilawah

Ustadz apakah untuk sujud tilawah ada do’a khusus? Jika ada mohon dituliskan doa’ tersebut?

Sujud tilawah adalah sujud selepas membaca ayat-ayat yang memerintahkan atau menganjurkan sujud dalam al-Qur`an, semuanya ada 15 ayat, dan mudah ditemukan dalam al-Qur`an karena sudah ditandai khusus di semua mushhaf al-Qur`an yang beredar dewasa ini. Sujud tersebut bisa dilakukan di luar shalat ataupun di dalam shalat. Baik shalat sendiri ataupun berjama’ah (hadits-haditsnya bisa dirujuk Shahih Muslim bab sujudit-tilawah).

Adapun dzikir, do’a, atau bacaan khusus untuk sujud tilawah ada diriwayatkan beberapa bacaan, dan tentunya bisa dipilih salah satunya, yaitu:

سَجَدَ وَجْهِى لِلَّذِى خَلَقَهُ وَشَقَّ سَمْعَهُ وَبَصَرَهُ بِحَوْلِهِ وَقُوَّتِهِ

Wajahku sujud kepada Yang Menciptakannya dan Membuka pendengarannya dan penglihatannya, dengan Kuasa dan Kekuatan-Nya

(Musnad Ahmad bab musnad as-Shiddiqah ‘Aisyah no. 25821; Sunan Abi Dawud bab ma yaqulu idza sajada no. 1416; Sunan at-Tirmidzi bab ma yaqulu fi sujudil-Qur`an no. 580; Sunan an-Nasa`i bab ad-du’a fis-sujud no. 1129)

سَجَدَ وَجْهِى لِلَّذِى خَلَقَهُ وَشَقَّ سَمْعَهُ وَبَصَرَهُ بِحَوْلِهِ وَقُوَّتِهِ فَتَبَارَكَ اللهُ أَحْسَنُ الْخَالِقِينَ

Wajahku sujud kepada Yang Menciptakannya dan Membuka pendengarannya dan penglihatannya, dengan Kuasa dan Kekuatan-Nya. Maha Barakah Allah Sebaik-baiknya Pencipta.

(al-Mustadrak al-Hakim bab at-ta`min no. 802. Al-Hafizh Ibn Hajar menshahihkannya dalam at-Talkhishul-Habir no. 493)

اَللَّهُمَّ اكْتُبْ لِي عِنْدَكَ بِهَا أَجْرًا، وَاجْعَلْهَا لِي عِنْدَكَ ذُخْرًا، وَضَعْ عَنِّي بِهَا وِزْرًا، وَاقْبَلْهَا مِنِّي كَمَا تَقَبَّلْتَ مِنْ عَبْدِكَ دَاوُدَ

Ya Allah, tuliskanlah untukku pahala di sisi-Mu dengan sujud ini, jadikanlah sujud ini tabungan untukku di sisi-Mu, hapuskanlah dariku dosa dengan sujud ini, dan terimalah sujud ini dariku sebagaimana Engkau menerima dari hamba-Mu Dawud

(al-Mustadrak al-Hakim bab at-ta`min no. 802; Shahih Ibn Hibban dzikr ma yad’ul-mar`u bihi fi sujudit-tilawah no. 2768; Sunan at-Tirmidzi bab ma yaqulu fi sujudil-Qur`an no. 579. Al-Albani menilainya hasan dalam as-Silsilah as-Shahihah no. 2710. Sujud Nabi Dawud as disinggung dalam QS. Shad [38] : 24).