Home > Konsultasi Islam > Akhlaq > Bersalaman Tangan Dengan Lawan Jenis

Bersalaman Tangan Dengan Lawan Jenis

Assalamu ‘alaikum, Pa Ustadz mau tanya. Apa benar bersalaman dengan lawan jenis yang bukan mahram hukumnya haram? Atau ada pengecualian atau keringanan? 0822-1735-xxxx

Haram hukumnya bersalaman berjabat tangan dengan lawan jenis yang bukan mahram. Berdasarkan sabda Nabi saw:

إِنِّي لَا أُصَافِحُ النِّسَاءَ

Sungguh saya tidak berjabat tangan dengan perempuan (non-mahram) (Musnad Ahmad bab hadits Umaimah binti Ruqaiqah no. 27006).

Nabi saw bersabda di atas ketika beliau membai’at kaum perempuan dan diminta menjulurkan tangannya untuk dijabat oleh mereka sebagaimana halnya ketika membai’at kaum lelaki. Tetapi Nabi saw menjawab dengan pernyataan di atas, yang menunjukkan bahwa syari’at menetapkan seorang lelaki tidak boleh berjabat tangan dengan perempuan meski dalam acara formal seperti pembai’atan sekalipun. Apalagi yang tidak formal seperti bersalaman ketika berjumpa, menghadiri undangan, menjenguk orang sakit, dan semacamnya. Hal yang sama dinyatakan oleh ‘Aisyah ra dalam riwayat al-Bukhari:

وَلَا وَاللَّهِ مَا مَسَّتْ يَدُهُ يَدَ امْرَأَةٍ قَطُّ فِي الْمُبَايَعَةِ مَا يُبَايِعُهُنَّ إِلَّا بِقَوْلِهِ قَدْ بَايَعْتُكِ عَلَى ذَلِكِ

Tidak, demi Allah, tangan beliau (saw) tidak menyentuh tangan perempuan sekalipun dalam pembai’atan. Beliau tidak membai’at kaum perempuan melainkan dengan sabdanya: “Sungguh aku telah membai’atmu atas hal itu.” (Shahih al-Bukhari bab idza ja`akumul-mu`minat muhajirat no. 4891).

Kami belum menemukan dalil yang mengecualikan atau meringankan dalam masalah ini. Wal-‘Llahu a’lam.